Iftitah

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Ahlan Wa Sahlan di blog DMI Balikpapan Utara,Memakmurkan Masjid dan Menjalin Ukhuwah Islamiyah diantara Umat Islam

Sabtu, 17 September 2011

Fasilitas Imam Masjid

Imam Masjid perlu mendapat santunan dari Pengurus masjid dalam menjalankan tugasnya.Dengan adanya sarana dan fasilitas ini diharapkan disamping mereka dapat menekuni dan menjalankan tugas dengan baik juga dapat menambah makmurnya masjid. Pemberian sarana dan fasilitas ini tentunya harus sesuai dengan kemampuan masing-masing masjid.
Adalah tidak mudah mencari imam tetap masjid apabila tanpa ditunjang sarana dan fasilitas yang menunjang sebab mereka adalah manusia biasa yang butuh makan dan penghidupan baik untuk diri sendiri maupun keluarganya. Bagaimana mrk bisa menjalankan tugasnya dengan baik bila hidup mereka serba kekurangan. sekalipun mereka melaksanakan tugasnya dengan ikhlas namun wajar bila mereka diberikan fasilitas yang diperlukan. adapun sarana dan fasilitas yang dibutuhkan antara lain :
1. Tempat Tinggal
Agar imam Masjid senantiasa ditempat baik dalam memimpin ibadah sholat maupun membina jamaah maka ada baiknya jika  mereka diberi tempat tinggal didekat masjid. Fasilitas ini bisa diberikan terutama di masjid besar dengan membangunkan rumah imam /kaum didekat masjid agar mereka bisa tinggal dekat dengan masjid sehingga memudahkan dalam menjalankan tugas mereka. Rasulullah juga tinggal didekat masjid dengan demikian Beliau senantiasa dapat memimpin sholat berjamaah tepat pada waktunya dan membina umat dengan baik sehingga masjid bertambah makmur.
2. Perpustakaan
Para Imam juga memerlukan tambahan ilmu,referensi dan perluasan wawasannya. Apalagi mereka bertugas melayani jamaah masjid dalam memecahkan berbagai problematika yang dihadapinya. untuk itu Imam Masjid perlu perpustakaan atau buku buku yang bermanfaat yang bisa dijadikan bahan kajian jamaah masjid.
3. Perlengkapan Ibadah
Agar Imam senantiasa terpelihara kebersihan dan kerapian dan kesucian dirinya dalam melaksanakan ibadahnya maka pelengkapan ibadah perlu disediakan secukupnya seperti sarung,sajadahgamis dan sebagainya.
4.Honor
Karena Imam masjid melaksanakan tugas secara tetap maka perlu juga diperhatikan keperluan hidup diri dan keluarganya. mereka perlu mendapat honor/insentif sesuai dengan kemampuan Pengurus Masjid. Insentif ini perlu diberikan untuk menunjang dan membantu meringankan biaya hidupnya sekalipun mereka tidak mengharapkannya.
5. Jaminan Kesehatan
Fungsi imam Sangat besar terutama dalam pembinaan jamaah dan terkadang tidak mengenal waktu yang mengakibatkan mereka lelah, sakit yang akan berpengaruh dalam menjalankan tugasnya. Oleh karena itu perlu diperhatikan jaminan kesehatan bagi mereka dan keluarganya. biaya pengobatan dan perawatan yang diperlukan hendaknya mendapat bantuan dan jaminan dari Pengurus Masjid.
6. Jaminan Sosial
Mereka juga berhak mendapat jaminan sosial dari pengurus masjid yang dapat diambil dari zakat maupun qurban.Setiap tahun mereka perlu disantuni melaluio zakat dan Qurban karena mereka termasuk dalam asnaf yang berhak memdapat bantuan yaitu Fi Sabilillah.
Berbagai sarana dan fasilitas yang diberikan ini diharapkan  mereka dapat menjalankan semua tugasnya dengan baik, penuh tanggung jawab ,lebih konsentrasi dan khusyuk dalam memimpin jamaah dan pembinaan umat sehingga ini merupakan salah satu cara untuk memakmurkan masjid. Wallahu Alam Bi showab ( Abu Hasbi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

blog ini adalah blog untuk dakwah yang masih perlu penyempurnaan. kami mohon memberikan masukan yang bermanfaat untuk dakwah dan ukhuwah islamiyah